Agar Jahe Merah panen melimpah

panen jahe merah
Jahe merah

Setiap pembudidaya jahe merah tentu saja menginginkan hasil panen yang melimpah. Namun mewujudkannya tentu saja tak semudah yang dibayangkan. Diperlukan kerja keras, pengetahuan yang luas dan tindakan yang bernas dalam budidaya jahe merah. Dengan begitu, diharapkan budidaya jahe merah kita memperoleh hasil yang indah. Berkah berlimpah.

Bibit Yang Tepat

Untuk memperoleh hasil panen yang memuaskan tentu saja salah satu hal utama adalah bibit. Bibit yang tepat tentu saja adalah bibit yang layak. Bibit yang layak memiliki kriteria khusus; minimal berumur satu tahun dalam usia penanamannya, bebas penyakit(busuk rimpang, jamur) dan tentu saja sudah “parkir” minimal 10 hari.

Secara fisik, bibit rimpang jahe merah yang baik tampak sehat tunasnya. Agak gemuk dan sudah terlihat di sebagian mata tunasnya. Mata tunasnya muncul sedikit. Dan untuk bibit jahe merah tandanya mata tunasnya merah. Lain halnya dengan bibit jahe emprit yang memiliki tanda putih di mata tunasnya.

Pengolahan Lahan Tepat

Lahan yang baik tentu saja lahan yang subur. Lahan yang subur adalah lahan yang kaya akan unsur hara dan unsur organik. Biasanya tanahnya gembur, tidak keras atau padat. Itulah sebabnya, pengolahan lahan yang tepat menjadi salah satu kata kunci sukses budidaya jahe merah. Ada baiknya anda mengechek PH tanah anda yang akan anda tanami jahe merah. Bila PH nya dibawah 6, maka tambahkanlah pupuk organik (kotoran kambing, sapi, kerbau, dll) dan dolomit ke lahan anda. Namun bila PH nya diatas 6 biarkan saja. Itu justru bagus untuk jahe merah. Karena berarti lahannya subur.

Perawatan tanaman yang tepat

Perawatan menjadi salah satu kata kunci sukses dalam budidaya jahe merah. Perawatan yang intensif sangat menentukan sukses tidaknya budidaya jahe merah. Perawatan yang bisa anda lakukan tentu saja sesuai umur tanaman jahe anda. Di awal penanaman, tentu saja pastikan tanaman tumbuh sehat dengan penyiraman yang tepat (bila musim kemarau), bersihkan dari gulma dan pemberian pupuk organik yang sesuai.

Anda berminat menanam jahe merah? Kami sedia bibit jahe merah ready stock siap kirim ke seluruh penjuru nusantara. Untuk daerah Kalimantan, Sulawesi, Papua, NTB, NTT bisa dikirim lewat cargo laut dan udara. Untuk area Jawa, Sumatra dan Bali kami kirim lewat ekspedisi darat. Untuk keterangan lebih lengkap bisa menghubungi kami di SMS/Tlp WA 087838393451. Salam sukses untuk anda yang terjun dalam budidaya jahe merah.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *