Basmi Kutu Putih Jahe Merah

budidaya jahe merah

Membasmi kutu putih penyebab daun tanaman jahe mengering

Budidaya jahe merah,- memilih budidaya jahe merah dengan memanfaatkan media polybag memang sedang banyak diminati masyarakat sekarang. Gencarnya edukasi tentang manfaat jahe merah di siarkan secara masal di berbagai stasiun televisi. Hal ini menarik minat kebanyakan orang untuk membudidayakan jahe merah.

Untuk mendapatkan hasil optimal dalam budidaya jahe merah , bukan hanya di tentukan oleh pemilihan bibit jahe merah unggul saja. Namun harus diiringi dengan perawatan yang menyeluruh. Meliputi pencegahan terhadap gulma maupun hama penyakit. Tanaman jahe merah yang di rawat secara menyeluruh akan berbeda hasilnya dengan tanaman jahe merah yang dibiarkan tanpa perawatan berarti.

budidaya jahe merah

budidaya jahe merah

Adakalanya saat mencoba budidaya jahe merah, tanaman yang sudah di tanam terserang penyakit seperti kutu putih. Kutu putih merupakan hama yang menyerang daun tanaman jahe merah. Kutu putih termasuk jenis hama dari family preudocciocai dengan ciri memiliki serbuk putih menyerupai lilin yang membungkus seluruh tubuhnya. Serbuk lilin tersebut bertujuan melindungi dirinya dari predator.

Gejala serangan kutu putih yang menyerang bibit jahe merah di tandai oleh banyaknya gumpalan benang lilin berwarna putih pada permukaan bawah daun. Kutu putih hidup berkoloni dalam kelempok. Cara menyerang kutu ini dengan menusukan alat yang ada di mulutnya pada daun tanaman jahe merah dengan menghisap pada bagian epidermis batang daun jahe merah.

Daun yang sudah terserang kutu putih, pertama akan menggulung lambat laun menguning dan kemudian kering. Karena daun kering mengakibatkan pertumbuhan bibit jahe merah terhambat dan menjadi kerdil. Sehingga menghambat pembentukan rimpang jahe merah yang ada di dalam tanah. Permukaan daun yang di serang kutu putih akan berwarna hitam. Pada serangan berat, seluruh permukaan daun akan di kerubuti oleh kutu putih yang menyebabkan tanaman jahe merah mati.

Selain menyebabkan serangan fatal pada budidaya jahe merah, kutu putih juga merusak pemandangan. Tanaman jahe merah yang seharusnya terlihat hijau dan menyejukkan, harus ternodai dengan munculnya kutu putih yang tidak sedap di pandang. Sangat tidak menyenangkan bukan?

Cara mengatasi serangan kutu putih yang menyerang bibit jahe merah dengan menyemprotkan pestisida score sesuai petunjuk yang ada di luar botol. Beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk membasmi hama kutu putih adalah :

  1. Memelihara predator alami kutu putih

Sebarlah hewan pembasmi kutu putih yang tidak merusak tanamanmu. Secara alami, ada beberapa hewan yang menjadikan kutu putih sebagai mangsa utamanya, antara lain minute pirate bug, lacewings, dan juga beberapa spesies laba-laba.

  1. Pelihara bibit parasite kutu putih

menggunakan parasit untuk membasmi kutu putih. Beberapa parasit tersebut antara lain adalah Encarsia Formosa ataupun keluarga Encarsia.

  1. Gunakan perangkap kutu putih.
  2. Gunakan penyedot debu
  3. Memangkas dan mencabut daun yang terkena serangan kutu putih.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: