Tumpangsari Jahe Merah dengan Lombok

tumpangsari jahe

Tumpangsari Jahe, Lombok dan Jagung

Banyak pertanyaan yang masuk kepada tim vista agromedia terkait penanaman jahe merah model tumpang sari. Ada yang menanyakan apakah bisa menanam jahe merah di sela sela sengon. Ada juga yang bertanya apakah bisa menanam jahe di sela sela Lombok dan jagung. Dan seterusnya. Baiklah. Kita ulas satu persatu di bawah ini ya, saudara.

Tumpangsari Jahe dengan Pohon Sengon

Untuk memanfaatkan lahan kosong di sela sela sengon, menanam jahe menjadi pilihan yang rasional. Saat ini harga jahe, baik merah, gajah dan emprit melambung tinggi di pasaran. Harga jahe merah di Jogja dan sekitarnya sudah mencapai angka lima puluhan ribu per KG nya. Di Pangkal Pinang harganya malah naik tinggi hingga seratusan ribu per KG nya.

Itulah sebabnya, menanam jahe amat prospek. Menanam jahe di sela sela sengon tidak masalah. Asal tanaman pohon sengon masih dibawa tiga tahun umurnya. Kalau sudah berumur mendekati lima tahun, tentu saja sinar matahari menjadi lebih sedikit karena tertutup batang dan daun sengon. Dan itu mempengaruhi hasil panen nya kelak.

Menanam jahe di sela sela sengon bisa langsung di tanah, polybag ataupun karung. Hanya saja menanam langsung di tanah dirasa lebih efektif. Yang terpenting adalah perawatannya saja. Yakni pemupukan, penyiangan, dan pencegahan hama saja. Pemupukan pola tumpang sari jahe dengan sengon sebagaimana menanam jahe pada umumnya, yakni secara berkala diberikan pupuk organic, dan sedikit NPK.

Tumpang sari jahe dengan Lombok

Jahe dan Lombok adalah diantara tanaman hortikulktura yang memiliki banyak kegunaan dan serapan pasar yang tinggi. Untuk menyiasati dari jatuhnya harga yang bisa saja suatu saat terjadi, banyak petani, terutama di Cianjur, Malang, Magelang, Bogor yang menggunakan tumpangsari model ini.

Tumpangsari ini merupakan simbiosis mutualis. Petani bisa panen Lombok per minggu dan panen jahe per bulan, sehingga membantu meningkatkan perekonomian petani. Lahan sentra tanaman Lombok bisa mencoba menanam model ini.

tumpangsari jahe

Anda Kesulitan Mencari Bibit Jahe Merah?

Bila anda ingin menanam pola tumpangsari jahe, sementara kesulitan mendapatkan bibit jahe merah yang unggul, siap tanam, tenang saja, vista agromedia siap membantu anda dengan menyediakan bibit jahe merah. Vista agromedia telah berpengalaman selama 7 tahunan dalam berkecimpung di dunia pembibitan jahe merah di Jogja. Untuk pemesanan bisa melalui WA 082136461851. Terimakasih salam sukses untuk petani jahe merah.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *