Cara Ampuh Menghilangkan Uret Pada Budidaya Jahe Merah

jahe merah

Budidaya jahe merah dapat dikerjakan dengan berbagai media tanam. Dapat dilakukan dengan menggunakan media lahan langsung maupun media polybag dan karung. Sebenarnya budidaya jahe merah tidak terlalu sulit untuk di mulai, asalkan pelaku budidaya jahe merah mau telaten dan ulet dalam menekuni budidaya jahe merah. Terkadang Adakala budidaya jahe merah yang sudah dikerjakan dengan sepenuh hati menuai sedikit kendala. Salah satu kendala yang sering dihadapi petani jahe merah terutama yang memakai media polybag atau karung sebagai media pembesaran pohon bibit jahe merah adalah uret atau biasa dikenal dengan nama ulat bedul.

budidaya jahe merah
budidaya jahe merah

Uret termasuk hama yang harus dihindari ketika menanam bibit jahe merah. Karena uret ini dapat mengganggu pertumbuhan akar dari pohon jahe merah yang akan berkembang. Uret juga dapat mengganggu kusuburan tanah, sehingga dapat menghambat bibit jahe merah berkembang dengan baik. Uret merupakan vase awal dari jenis kumbang scarabaedaei . uret ini berukuran besar, berwarna putih dengan taring yang cukup besar juga memiliki warna coklat dikepalanya dan apabila terkena sinar ia akan tembus cahaya. Apabila dibiarkan terus menerus hama uret ini akan mengakibatkan bibit jahe merah yang di tanam kerdil karna kurang nutrisi dan lama kelamaan akan mati.

Pohon Bibit Tanaman Jahe Merah terserang uret, solusinya apa?

Bibit jahe merah yang ditanam dikarung biasanya akan menemui hama uret di dalam karung tersebut. Bahkan ada beberapa petani yang menemukan 40 uret sekaligus dalam satu karung. Sangat banyak bukan ? nah bagai mana cara ampuh menghilangkan uret pada budidaya jahe merah? Padahal segala cara sudah di lakukan, mulai pemberian pestisida nabati sampai penyiraman dengan air rebusan daun sirsak, tetap tidak mempan? Mungkin pembahasan berikut  ini dapat menjadi salah satu solusi bagi para petani jahe merah.

Menurut pengalaman kami dan beberapa petani jahe merah lainnya, hama uret dalam tanah dapat di cegah dengan menabur pestisida sistemik seperti furadan sebelum penanaman. Hal ini di lakukan untuk mencegah uret yang akan bersarang di dalam tanah. Namun akan muncul problem baru apabila uret menyerah disaat bibit jahe merah telah di tanam. Bagaimana solusinya? Solusinya adalah tetap penaburan furadan di atas tanah dan kemudian disiram air, tunggu beberapa jam kemudian maka uret-uret yang ada di dalam tanah muncul dengan sendirinya, dan mereka akan kelimpungan kemudian mati.

Gunakan Furadan

Furadan banyak dimanfaatkan oleh petani jahe merah karena manfaatnya yang dapat mengendalikan hama dan menyuburkan tanaman, dan juga membantu penyerapan nutrisi pada tumbuhan. apabila bagi anda yang tidak menghendaki penggunaan pestisda kimia, dapat menggunakan pestisida nabati, sebagai pestisida organik yang aman dan ramah lingkungan. Karena pestisida ini bersifat mudah terurai di alam sehingga ramah lingkungan. Residu yang di timbulkan mudah hilang dan berbagai keuntungan lainnya. Namun pemakaian pestisida nabati tergolong memakan waktu yang relatif lama saat bereaksi, sehingga harus sabar menunggu.

Waspada di musim hujan

Pada musim hujan, perkembangan uret juga perlu di waspadai. Pada musim penghujan karena tanah cenderung basah membuat uret cepat bermetamorfosis menjadi kumbang yang akan keluar dari kokonnya. Sehingga langkah pencegahan yang dapat dikerjakan adalah dengan mengecek keadaan tanah, kelembaban tanah dan sebagainya. Tanah yang terlalu lembab bukan hanya disukai oleh uret namun juga dapat menyebabkan busuk rimpang. Sehingga ada baiknya apabila tanah yang sudah terlanjur basah media karung atau polybagnya bisa di lubangi untuk jalan keluar air, agar tidak menimbulkan genangan di dalam. Perlu juga di perhatikan pemilihan bibit jahe merah saat memulai budidaya juga wajib di perhatikan. Bibit yang bagus akan mempengaruhi kualitas rimpang jahe merah yang dihasilkan nanti nya.

Butuh bibit jahe merah unggul?

bibit jahe merah
bibit jahe merah

Maka dari itu kami menyediakan bibit jahe merah dengan kualitas unggul yang dapat dibudidayakan dengan mudah. Untuk info pemesanan bibit jahe merah dengan berbagai kualitas unggulan dapat menghubungi kami melalui wa kami di :

Admin 1 : 082136461851

Admin 2 : 082138826646

You Might Also Like

One Reply to “Cara Ampuh Menghilangkan Uret Pada Budidaya Jahe Merah”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *