Pembibitan Jahe Merah

bibit jahe merah

Pembibitan jahe merah menggunakan Atap Plastik

Setelah kami menggeluti bibit tanaman jahe merah selama tujuh tahun lebih, banyak pengalaman yang didapatkan terutama dalam hal Teknik perbanyakan bibit jahe merah. Di awal belajar pembibitan jahe merah, kami pernah menggunakan metode semai terlebih dahulu, lalu bahan menggunakan pupuk kompos yang dibeli dari kelompok tani di Sleman Jogja. Rupanya metode tersebut lebih banyak gagal nya, karena dari 100 batang yang kami buat di polybag, 70 polybag jahe merahnya mati.

Lalu kami pun beralih  menggunakan media pupuk kascing yang dibeli dari Kawasan lereng Merapi. Hasilnya ada peningkatan. Dari 100 batang polybag jahe merah, 90 nya hidup, sehingga lumayan ada peningkatan drastic. Metode pembibitan jahe merah tersebut kami pakai cukup lama. Namun akhir akhir ini harga pupuk kascing mengalami kenaikan tinggi sehingga kami beralih ke metode lainnya.

Pembibitan menggunakan Cocopeat

Beragam percobaan terus kami lakukan untuk menemukan formula yang tepat dalam pembibitan jahe merah. Kami pun kemudian menggunakan cocopeat hasil dari masukan teman di Jogja. Hasilnya lumayan memuaskan. Dari 100 batang yang kami buat, 90 batang hidup dengan baik dengan atap paranet.

Namun, harga cocopeat mengalami kenaikan sehingga kami pun berusaha mencari alternatif. Kami pun terakkhir  memilih menggunakan media sekam bakar. Di musim kemarau pembibitan kami menggunakan sekam bakar hasilnya memuaskan. Untuk proses efisiensi kamipun menggunakan sekam mentah yang kami bakar sendiri.

Memasuki musim penghujan, pembibitan jahe merah menggunakan sekam bakar di lahan terbuka semula baik. Minim kendala. Namun begitu memasuki puncak musim hujan terutama nopember hingga januari, banyak ditemukan busuk rimpang, dan layu kuning. Kamipun mencari problem dan ditemukan rupanya karena curah hujan yang tinggi.

Baca Juga Cara Menghilangkan Uret di Tanaman Jahe Merah

Pembibitan jahe merah menggunakan atap plastic.

Di saat musim hujan, inovasi yang kami lakukan dengan pembibitan menggunakan atap plastic. Model pembibitan ini pada prinsipnya mencegah air hujan supaya tidak mengenai tanaman jahe merah. Untuk pengairan kami menggunakan air dari sungai yang sudah ditampung di kolam. Hasil dari pembibitan ini alhamdulillah memuaskan dan kami pakai hingga sekarang.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *