Perbedaan Bibit Jahe merah dan Laos Merah

laos merah

Jangan salah pilih,  ini perbedaan bibit jahe merah dan laos merah

Sekilas bagi orang awam yang belum pernah melihat jahe merah dan laos merah akan menganggap kedua nya sama saja. Sama-sama berwarna merah, memiliki tampilan visualĀ  rimpang yang hampir sama. Sehingga tidak jarang pembelian jahe merah malah salah pilih laos merah. Bibit jahe merah yang baik memiliki tampilan fisik dengan runggut yang lebih rengget. Memiliki serat daging yang lebih halus dan mempunyai khas bau jahe yang menyengat.

Perbedaan Jahe merah dan Laos Merah Secara Fisik

Untuk laos merah sendiri sangat berbeda dengan rimpang jahe merah apabila sudah bisa mengidentifikasi. Rimpang laos merah memiliki ukuran yang cukup besar dan tebal serta memiliki bentuk daging silinder dengan diameter sekitar 2-4cm serta bercabang-cabang. Walaupun memiliki warna merah juga, namun laos merah memiliki warna merah pucat cenderung pink. Memiliki aroma khas laos yang tidak terlalu menyengat.

Perbedaan selanjutnya dapat di lihat dari bentuk tanaman yang sudah tumbuh antara bibit jahe merah dan bibit laos merah memiliki bentuk fisik yang berbeda jauh. Sehingga akan lebih mudah mengidentifikasikan kedua tanaman tersebut dari bentuk daun ataupun morfologi kedua nya berbeda. Bibit jahe merah yang sudah menjadi tanaman memiliki ciri daun lancip dengan ujung batang bawah berwarna kemerahan, dapat di budidayakan dengan tujuan pemanenan yang berbeda.

Seperti saat tujuan pemanenan, rimpang untuk tujuan konsumsi maka masa tanam jahe merah dapat di persingkat menjadi 8-9 bulan sudah bisa di panen. Sedangkan apabila penaman jahe merah adalah untuk tujuan bibit lagi maka minimal 12 bulan dapat di panen. Namun perlu di ingat budidaya jahe merah yang di tujukan untuk bibit lagi usahakan batas panen 1,5th maksimal 2th. Diatas usia itu kualitas rimpang yang tidak di panen akan menurun. Sehingga akan lebih baik jika pemanenan di lakukan pada waktu yang tepat.

Laos Merah Bunga Merah di Ujung Batang

Sedangkan bibit laos merah yang sudah tumbuh menjadi tanaman memiliki ciri bunga merah di ujung batang. Memiliki daun sedikit lebih lebar dari jahe dan memiliki bentuk tekstur mirip pita dan berujung lancip. Daging rimpang berwarna putih dengan aroma khas laos. Memiliki buah buni yang berwarna kemerahan. Batang tanaman lengkuas lebih besar dan bulat.

laos merah

Secara harga bibit jahe merah lebih memiliki nilai jual tinggi dari pada bibit lengkuas merah. Hal ini berlaku untuk harga rimpangnya juga. Jahe merah konsumsi banyak di manfaatkan sebagai minuman tradisional dan berbagai bubuk minuman. Jahe merah maupun laos merah kedua nya memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan tubuh. Dapat di manfaatkan sebagai jamu tradisional berkhasiat. Ada baiknya memang apabila ingin budidaya memanfaatkan lahan kosong memilih budidaya kedua nya.

bibit jahe merah
jahe merah

Bagi yang ingin budidaya jahe merah, namun kesulitan mendapatkan bibit jahe merah berkualitas, silahkan dapat menghubungi kami melalui :

Admin vista 1 : 082136461851

Admin  vista 2 :  082138826646

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *