Hasil Panen Melimpah, Inilah Cara Mudah Budidaya Jahe Merah

bibit jahe merah

Tak sulit untuk budidaya jahe merah. Kini, bibit jahe merah berkualitas sudah makin mudah di dapatkan di pasaran. Jadi, Anda sudah tak perlu repot lagi untuk membikit bibit jahe merah sendiri. Jahe merah memang saat ini sedang hits dibanding tanaman obat lainnya. Pasalnya, dengan kandungan yang ada dalam rimpang-rimpangan ini, jahe merah dipercaya dapat mengobati berbagi penyakit. Selain itu, dibanding rimpang-rimpangan jenis lain, jahe merah lebih mudah untuk diolah sebagai makanan atau minuman.

Fakta tersebut mendukung prospek agro bisnis yang baik bagi jahe merah. Bagaimana tidak, bahwa kenyataannya, pasar selalu membutuhkan pasokan jahe merah dari petani. Banyak pabrik obat yang memakai jahe merah sebagai salah satu campuran obat. Hal itu kadang membuat banyak pembudidaya jahe merah keteteran melayani permintaan yang tinggi.

Oleh karena itu, bagaimanapun, petani jahe merah dituntut untuk menghasilkan banyak jahe merah. Produktifitas harus ditingkatkan untuk mendapatkan untung yang maksimal. Tetapi, meningkatnya produktivitas juga harus dibarengi dengan meningkatnya kualitas hasil panen jahe merah itu sendiri. Jangan sampai ketika kita fokus pada kuantitas panen, kualitas panen kita menjadi anjlok. Itu bukan hal yang bijak.

Dalam artikel ini, kami akan sedikit membagikan bagaimana cara mudah melakukan budidaya jahe merah agar mendapat hasil panen yang optimal sekaligus berkualitas. Anda harus tahu bahwa selain penggunaan bibit jahe merah berkualitas, hal lain yang berpengaruh besar pada hasil panen adalah bagaimana Anda merawatan tanaman jahe merah.  

bibit jahe merah
bibit jahe merah

Proses Penanaman Jahe Merah

Sebelum melakukan penanaman, Anda harus tahu waktu yang tepat untuk menanam jahe merah. Hal ini disebabkan oleh tanaman jahe merah yang masih muda membutuhkan banyak pasokan air hujan. Jadi, sebisa mungkin Anda memulai penanaman pada awal musim penghujan.

Namun, apaila Anda berada di tempat yang memiliki curah hujan rendah, Anda bisa membuat hujan buatan. Caranya adalah dengan rutin menyirami tanaman jahe merah sampai usianya masuk 5 bulan. Ketka jahe sudah masuk umur 5 – 7 bulan, asupan air perlu dikurangi. Pada masa itu, jahe merah lebih membutuhkan asupan sinar matahari. Sebab, pada usia di atas 5 bulan, jahe sedang fokus pada pertumbuhan rimpang.

Untuk proses penanaman jahe merah pun tak sulit. Caranya tak beda jauh dengan penanaman jahe lainnya. Anda bisa membuat lubang pada lahan dengan kedalaman kurang lebih 10 cm. Jangan terlalu dalam dan jangan terlalu dangkal. Taruh rimpang jahe dengan tunas menghadap atas. Setelah itu, kubur menggunakan tanah yang gembur agar mempermudah pertumbuhan jahe. Dan jangan lupa, pada bagian atas, beri jerami atau sekam tipis-tipis untuk menahan air dan menjaga kelembaban tanah.

Pemeliharaan Jahe Merah yang Benar

tanaman jahe merah

Ini adalah bagian paling penting. Setelah selesai proses menanam, inilah tugas Anda masuk pada fase tugas pembudidaya yang sesungguhnya, yaitu perawatan atau pemeliharaan tanaman jahe merah.

Memelihara tanaman jahe merah itu gampang-gampang susah. Yang diperlukan hanyalah ketelatenan dan keuletan Anda sebagai seorang petani jahe. Proses yang baik dan benar akan menghasilkan panen yang baik dan benar pula.

Pemeliharaan jahe merah meliputi beberapa hal, yaitu:

1.            Penambahan tanah

Penambahan tanah dilakukan ketika anakan mulai tumbuh. Penambahan tanah ini dilakukan di atas media penanaman jahe. Hal ini bertujuan agar anakan bisa tertutup rapat bagian rimpangnya oleh tanah. Penambahan tanah bisa dilakukan 3 – 4 kali dalam semusim (satu kali proses penanaman).

2.            Pemupukan

Setiap tanaman budidaya membutuhkan pupuk. Ada banyak tahap pemupukan pada tanaman jahe merah. Kita akan membahas proses pemupukan secara lengkap pada artikel setelah ini. Intinya, pemupukan bertujuan untuk mengoptimalkan pertumbuhan tanaman jahe agar dapat maksimal berproduksi. Pupuk ini menambah nutrisi pada tanah yang dibutuhkan oleh tanaman jahe.

Ada pun beberapa rincian serta tahapan pemupukan tanaman jahe merah yang akan kita bahas lain waktu. Intinya, pemupukan adalah salah satu proses penting bagi tanaman jahe merah. Sebab, bagaimanapun fungsi pupuk di antaranya memberikan nutrisi pada tanah yang kemudian akan diserap oleh tanaman jahe merah. Pemupukan ini akan merangsang pertumbuhan tanaman jahe menjadi lebih cepat. Selain itu, dengan melakukan pemupukan yang benar, jahe merah akan menghasilkan rimpang lebih optimal.

Mengatasi dan Mencegah Hama yang Menyerang Tanaman Jahe Merah

Kita tahu bahwa melakukan pencegahan lebih baik dari pada mengobati. Hal ini berlaku pula pada proses perawatan tanaman jahe merah. Lebih baik mencegah hama, dari pada mengobati tanaman yang sudah terjangkit hama ataupun penyakit. Maka dari itu, usaha preventif perlu dilakukan oleh petani jahe merah untuk meminimalisir hama dan penyakit.

Namun, Anda tak perlu risau, kini sudah banyak obat dan teknik yang dapat menekan angka kerusakan tanaman akibat hama dan penyakit. Salah satu cara mudah melakukan pencegahan hama dan penyakit adalah dengan melakukan perawatan tanaman secara rutin. Perawatan ini meliputi: pembersihan kebun, pemupukan, hingga perbaikan saluran drainase.

Bagaimanapun, Anda tak bisa menyepelekan masalah hama dan penyakit tanaman. Sebab, tak jarang petani jatuh rugi karena serangan hama dan penyakit yang parah pada kebun.

Sesungguhnya tak sulit memang merawat tanaman jahe merah sejak dari bibit jahe merah sampai masa panen. Anda hanya perlu menerapkan hal yang tepat.

Jika Anda mulai tertarik untuk jadi pembudidaya jahe merah, Vista Agro siap membantu menyediakan bibit jahe merah unggulan yang terpercaya. 

Anda berlokasi di sekitar Jogja? Anda bisa langsung meluncur ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851. Kami siap menyediakan bibit jahe merah yang berkualitas tinggi.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *