Mengenal Jahe Merah: Rimpang-Rimpangan Ajaib dengan Segudang Khasiat

bibit jahe merah

Bibit jahe merah belakangan ini diburu di pasaran. Pasalnya, sejak mewabahnya virus Corona (Covid-19) ,yang sampai sekarang belum ditemukan vaksinnya, orang-orang mulai sibuk mencari obat-obatan alternatif herbal.

Jahe, sejak zaman nenek moyang, telah dikenal sebagai tanaman obat dengan segudang khasiat. Bahkan bisa dibilang, Belanda menjajah Indonesia beberapa abad silam salah satunya juga karena produksi jahenya. Rimpang-rimpangan yang masih satu famili dengan zingiberales seperti kunyit, kencur, lengkuas, dan temulawak ini bahkan telah dimanfaatkan oleh bangsa China sejak 2000 tahun yang lalu.

William Roxburgh memberikan nama ilmiah Zingiber officanale untuk jahe. “Zingiber”merupakan bahasa Yunani yang berarti rimpang yang memiliki bentuk seperti tanduk. Sedangkan kata officanale diambil dari bahasa Latin yang berarti sesuatu yang digunakan untuk pengobatan.

Tanaman jahe merah masuk dalam paku-pakuan. Jahe merah juga masuk dalam ordo zingiberales. Ia juga masuk dalam famili zingiberaceae. Biasanya, famili dari jenis tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis, berbentuk umbi-umbian serta memiliki aroma yang khas.

Jadi, tak perlu kaget bila di Bumi Indonesia banyak bertebaran pembudidaya tanaman ini. Iklim tropis sangat mendukung perkembangan jahe. Apalagi, di Indonesia, tanah yang menjadi medium menanam jahe sangatlah subur.

Namun, kebanyakan petani jahe di Indonesia tak banyak yang menanam jahe merah. Padahal, jahe jenis ini memiliki khasiat yang luar biasa banyak. Dibandingkan jahe jenis lainnya, jahe merah dipercaya mengandung minyak atsiri lebih besar.

Membudidayakan bibit jahe merah atau tanaman jahe merah pun memiliki peluang bisnis yang cukup tinggi. Di pasar internasional, jahe merah sangatlah diburu.

bibit jahe merah

Morfologi Jahe Merah

Karena rasa dan aroma yang khas, tanaman jahe sangat mudah untuk diingat jika dibandingkan umbi-umbian jenis yang lain. Namun, kadang kita sedikit kesulitan untuk membedakan beberapa jenis jahe.

Berikut adalah morfologi pada jahe merah:

  1. Batang

Jika dipotong, warna dari rimpang jahe merah sedikit kekuningan. Namun, di bagian kulitnya, jahe merah memiliki warna merah. Jahe memilik batang semu dengan ketinggian tanaman bisa mencapai 30 cm – 1 meter.

  • Daun

Jahe merah memiliki lebar daun yang sempit dan memanjang. Panjang daun jahe merah kira-kira tak lebih dari sekita 15 – 23 cm, sedangkan lebarnya hanya sekitar 8 – 15 mm. Dan lidah pada daun jahe merah sebagian memiliki bulu dan sebagia yang lainnya tidak.

  • Rimpang

Rimpang jahe merah tak jauh berbeda dari jahe lainnya. Jika dibandingkan dengan jahe gajah, tentu jahe merah memiliki rimpang yang lebih kecil. Namun, untuk membedakan rimpang jahe merah dengan jahe yang lainnya sangatlah mudah. Rimpang pada jahe merah memiliki kulit dengan semburat warna merah. Jika rimpang itu dibelah, maka akan terlihat jingga atau kekuningan.

  • Bunga

Bunga jahe merah menyerupai malai. Selain itu, bunga pada tanaman jahe merah memiliki daun pelindung berbentuk bundar dan terbalik. Warna dari daun pelindung bunga jahe merah cenderung lebih cerah dibandingkan yang lain. Bunga pada jahe merah juga memilik mahkota yang bentuknya seperti tabung.

Pemanfaatkan Jahe Merah

Dengan kandungan minyak atsiri yang tinggi, jahe merah sering dimanfaatkan sebagai ramuan obat. Namun, siapa sangka, rimpang-rimpangan ini dapat diramu menjadi olahan kuliner yang lezat dan tentunya banyak khasiat.

Salah satu olahan jahe merah yang sering ditemui adalah minuman. Minuman yang banyak memanfaatkan jahe merah di antaranya, susu jahe, bandrek, sirup, sekoteng, dan masih banyak lagi. Sensasi pedas dan hangat yang muncul ketika mengonsumsi jahe merah sangatlah khas. Banyak orang percaya, rasa hangat itulah yang membikin jahe dapat meredakan kembung, sakit kepala, hingga rasa mual. Jahe memang tanaman ajaib yang benar-benar ampuh

Kini, di zaman yang modern, minuman jahe tersedia dalam bentuk instan. Banyak pabrik yang memproduksi jahe instan karena dianggap lebih praktis dan awet. Tentu, menyeduh jahe bubuk jauh lebih mudah dari pada membakar rimpang jahe lalu menumbuknya sendiri sebelum diseduh dengan air panas.

Bagaimanapun, minuman yang berasal dari jahe maupun sari jahe sangatlah berkhasiat. Minuman dari jahe merah makin banyak diburu di pasaran ketika memasuki musim hujan yang dingin.

Namun, jahe merah tak hanya bisa diolah menjadi minuman. Jahe merah juga dapat diolah menjadi makanan. Kini, banyak orang yang menjajakan kue jahe merah. Sebuah kue yang jika dimakan menciptakan sensasi hangat di kerongkongan dan lidah. Ada pun permen jahe yang begitu masyhur.

Jahe Merah untuk Kecantikan

Jerawat seringkali membikin orang menjadi rendah diri dan minder. Nah, kandungan dalam jahe merah ternyata dapat mengatasi masalah ini. Caranya dengan mengupas jahe merah, lalu bersihkan kotoran yang masih menempel pada jahe, setelah itu usap-usapkanlah jahe merah yang sudah bersih dan terkelupas itu ke area kulit wajah yang berjerawat. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan jahe merah sebagai masker wajah.

Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, jahe merah juga bisa menjadi pilihan minuman yang cocok. Jahe merah dipercaya dapat membakar lemak dalam tubuh. Selain itu, rimpang-rimpangan ini juga dapat menekan nafsu makan seseorang.

Untuk program diet, Anda dapat menyeduh jahe merah dengan air hangat tanpa dicampur gula. Sebisa mungkin, minumlah selagi masih hangat. Sebab, minuman hangat juga membantu membakar lemak dalam tubuh.

Dengan segudang khasiatnya itu, kini jahe merah banyak diburu di pasaran. Namun, Anda tak perlu khawatir kekurangan stok “tanaman dewa” tersebut. Kini, budidaya bibit jahe merah telah banyak di Indonesia. Jadi, tak perlu ragu apabila Anda mulai tertarik untuk dapat mengkonsumsinya setiap hari. 

Apabila Anda berminat memulai budidaya jahe merah, Vista Agro siap membantu Anda menyediakan bibit jahe merah berkualiatas tinggi. Anda bisa datang langsung ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *