Menjaga Kesehatan dengan Segudang Khasiat Jahe Merah

Jahe Merah

Jahe termasuk dalam tanaman obat paling populer di Indonesia. Sejak zaman dahulu, leluhur orang Indonesia memanfaatkan tumbuhan dengan nama latin zingiber officinale sebagai rempah-rempah maupun bahan obat. Ramuan jahe diyakini dapat meredakan berbagai macam penyakit, yaitu mual, pilek, radang sendi, migrain, hingga hipertensi.

Belakangan ini, ketika Indonesia mulai digegerkan dengan pandemi virus corona (Covid-19), bibit jahe merah mulai banyak dicari. Sebab, sejak wabah ini muncul di bumi Nusantara, Presiden Joko Widodo mengaku rutin minum jahe tiga kali sehari. Jahe dipercaya memiliki berjuta manfaat.

Sejauh ini, memang belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa jahe dapat menghentikan virus corona. Namun, dengan kandungan yang ada di dalamnya, setidaknya jahe dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Kepala BPOM RI Penny K. Lukito pun mengakui bahwa jahe, kunyit, dan temulawak memang berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh.  

Fakta ini didukung dengan ditemukannya senyawa anti-inflamasi termasuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh manusia dari kerusakaan akibat terserang oleh radikal bebas dalam jahe merah.

Manfaat Jahe Merah

Jahe tak hanya satu jenis, ada jahe emprit, jahe gajah, dan jahe merah. Dari ketiga jenis itu, jahe merah adalah yang paling langka dan punya segudang manfaat. Kandungan minyak atsiri dalam jahe merah mencapai sekitar 2,58-90% dari berat keringnya. Jadi, jahe jenis ini memiliki rasa yang cukup pedas.

Selaras dengan namanya, jahe merah memiliki permukaan kulit berwarna merah. Bagian dalamnya sedikit kuning kemerahan. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa di dalam rimpang jahe terdapar senyawa zat gingerol, oleoresin, dan minyak atsiri. Meski ukuran dari jahe jenis ini pun cenderung lebih kecil dari jenis jahe yang lain, khasiat yang terkandung di dalamnya sangatlah banyak bagi kesehatan.

Selain meningkatkan sistem imun, berikut ini adalah delapan khasiat dari jahe merah yang jarang diketahui banyak orang:

  1. Meredakan batuk

Seringkali tenggorokan terasa sakit karena batuk. Sensasi hangat yang muncul ketika mengkonsumsi jahe merah dapat jadi pilihan untuk meringankan sakit tenggorokan tersebut. Dengan kandungan flavonoid, jahe merah adalah solusi ketika terjadi peradangan pada tenggorokan.

Flavonoid pada jahe merah memiliki sifat anti peradangan yang cukup tinggi. Jadi, tak hanya batuk-batuk saja yang dapat diatasi oleh jahe merah. Lebih dari itu, jahe merah dapat menyembuhkan gejala sakit tenggorokan, terutama yang muncul karena radang tenggorokan.

Menurunkan Kadar Kolesterol Tubuh

Penderita kolesterol sangat disarankan rutin mengonsumsi ramuan dari jahe merah. Sebab, kandungan dalam jahe merah dipercaya ampuh menghancurkan lemak jahat dan mencegah munculnya kolesterol tinggi.

  • Meringankan Sakit Kepala

Sakit kepala ringan seringkali dianggap sepele oleh sebagian orang. Namun, sesungguhnya penyakit ini dapat mengganggu dan mengurangi produktivitas seseorang. Jahe merah adalah obat yang efektif untuk meringankan sakit kepala. Memiliki cita rasa pedas dan mampu menghangatkan tubuh, jahe merah tak butuh banyak waktu untuk dapat menetralisir sakit kepala tersebut.

  • Mengatasi Rematik

Flavonoid yang terkandung dalam jahe merah tak hanya dapat meredakan radang tenggorokan dan batuk. Flavonoid dalam jahe merah juga dapat mengatasi rematik. Flavonoid adalah zat yang memiliki manfaat anti peradangan. Sedangkan rasa nyeri karena penyakit rematik merupakan buah dari peradangan yang terjadi di persendian. Jadi, tak heran lagi bila jahe merah dapat mengatasi rematik.

  • Konsumsi Rutin saat Diet

Jahe merah dipercaya dapat mengontrol nafsu makan. Dengan mengonsumsi jahe merah, rasa kenyang pada perut bisa bertahan lebih lama. Ini penting bagi orang yang sedang menjalani program diet. Pasalnya, seseorang seringkali gagal dalam diet karena selalu merasa lapar sehingga nafsu untuk terus menyantap makanan tak terkendali.  Selain itu, rasa pedas dan hangat yang dihasilkan oleh jahe merah dapat membantu membakar kalori serta lemak dalam tubuh.

  • Menghindarkan dari Risiko Penyakit Jantung dan Stroke

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit jantung koroner jadi penyebab kematian terbesar di Indonesia. Horor penyakit jantung muncul akibat kadar kolesterol dan trigliserida yang terlalu tinggi pada tubuh. Dengan mengonsumsi jahe merah, kolesterol dapat dikendalikan. Kandungan Gingerol dalam jahe merah memiliki efek antikoagulan yang menurunkan risiko penyumbatan karena kolesterol. Jadi, tak hanya menurunkan risiko serangan jantung, jahe merah juga dapat menurunkan risiko stroke.

  • Merawat Lambung dan Organ Pencernaan

Manfaat jahe merah yang selanjutnya adalah dapat merawat lambung dan organ pencernaan.  Bagi seseorang yang memiliki masalah dengan asam lambung, jahe merah bisa jadi solusi. Jahe merah dipercaya mampu menjaga jumlah asam lambung tetap stabil. Selain mengatasi asam lambung, jahe merah juga dapat mengurangi risiki terkena radang usus. Zat zingeron yang ada dalam jahe merah dapat menghambat enzim yang bisa menimbulkan peradangan di saluran pencernaan. Jadi, jahe merah bisa dikonsumsi tiap hari untuk menjaga organ pencernaan agar tetap sehat.

  • Mengobati Asma dan Sesak Napas

Minyak atsiri dalam jahe merah mampu melegakan saluran pernapasan. Bahkan, dilansir dari kanal berita Merdeka.com, dalam temuan yang sempat dipublikasikan oleh American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology, kandungan pada jahe dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan dalam saluran pernapasan.

Dengan segudang khasiatnya itu, kini jahe merah banyak diburu di pasaran. Namun, Anda tak perlu khawatir kekurangan stok “tanaman dewa” tersebut. Kini, budidaya bibit jahe merah telah banyak di Indonesia. Jadi, tak perlu ragu apabila Anda mulai tertarik untuk dapat mengkonsumsinya setiap hari. 

Jika Anda berminat bibit jahe merah unggulan, Vista Agro siap membantu Anda menyediakan bibit jahe merah berkualitas. Bagi Anda yang berlokasi di sekitar Jogja bisa langsung datang ke tempat kami: Dusun Rajek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kec. Mlati, Kab. Sleman. WA: 082136461851

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *