Pentingnya Menggunakan Bibit Jahe Merah Berkualitas untuk Budidaya

bibit jahe merah

Bibit adalah benih yang akan dikembangkan menjadi tanaman dewasa. Bibit sangat mempengaruhi hasil panen dan kualitas produksi suatu tanaman. Tak terkecuali jahe merah, bibit jahe merah yang berkulaitas unggul akan membuat hasil panen menjadi lebih baik dan optimal. Maka dari itu, penting bagi seorang petani menggunakan bibit unggul. Sebab, makin baik bibit, maka kemungkinan panen optimal pun akan makin besar.

Di dunia industri farmasi, jahe sangat dibutuhkan. Jadi, tak heran apabila permintaan pasokan jahe di pasar selalu tinggi. Selain sebagai bahan obat-obatan, jahe merah pun sangat mudah untuk diolah menjadi bahan pangan maupun minuman yang sangat lezat. Dari keunggulan tersebut, teka mengherankan jika petani dituntut untuk terus produktif. Salah satu usaha untuk meningkatkan produktiftas tanaman adalah salah satunya menggunakan bibit jahe merah yang berkualitas tinggi.

Penggunaan bibit jahe merah yang unggul dan bermutu ini sangat-sangat penting bagi peningkatan produksi pertanian. Kualitas bibit ini sama pentingnya dengan sarana produksi lain seperti iklim, cuaca, kondisi lingkungan, tanah, air, dan penggunaan pupuk. Bibit ikut andil dalam menentukan tingkat dan kualitas hasil tanaman.

Benih bermutu tak selalu benih yang memiliki sertifikat produsen. Ada ciri-ciri yang mencolok yang dimiliki bibit bermutu. Tentu saja sangat beda tampilan antara bibit yang berkualitas unggul dan berkulitas rendah.

Bagi tanaman jahe merah, ada beberapa ciri-ciri yang perlu Anda ketahui untuk menyeleksi bibit mana yang baik dan mana yang buruk. Ada pun rinciannya adalah sebagai berikut:

 Ciri – Ciri Bibit Jahe Merah yang Berkualitas Baik

  1. Ciri Pertama

Bibit jahe merah yang berkualitas unggul adalah bebas dari busuk rimpang. Jahe yang busuk pada rimpangnya memiliki kualitas yang buruk. Rimpang yang terinfeksi bisa jadi sumber penyakit pada jahe. Jika rimpang telah terinfeksi penyakit, maka bisa dikatakan tak layak lagi dijadikan bibit. Apabila masih dipaksakan, maka bukan hasil baik yang akan Anda dapat, melainkan bibit hanya akan menjadi sumber penular penyakit.

Namun, perlu diketahui bahwa bukan hanya rimpang busuk yang tak bisa jadi bibit. Rimpang yang baik untuk jadi bibit adalah rimpang yang tidak terluka. Bekas luka seperti lecet atau bekas terpotong sebisa mungkin dihindari. Beberapa penyakit dan hama biasa masuk lewat kulit rimpang yang terluka. Bisa dikatakan bibit yang memiliki luka lebih rentan terhadap serangan penyakit. Maka dari itu, bibit yang memiliki kriteria demikian sangat tidak cocok untuk dijadikan benih tanaman Anda.

  • Ciri Kedua

Bibit jahe merah yang berkualitas unggul adalah bibit yang sudah memiliki umur kurang lebih satu tahun. Pada umur tersebut, ukuran bibit jahe merah sudah cukup besar. Selain ukuran yang sudah lumayan besar, penampilannya pun sudah tak terlalu merah. Jahe merah dengan usai sekitar satu tahun kulitnya lebih cenderung kecoklatan dengan sedikit semburat merah. Rimpangnya pun sudah tampak berisi serta lebih padat.

Untuk melihat usia jahe, Anda bisa mulai dengan mengamati serat halus pada jahe merah. Jika sudah tua—baik untuk dijadikan bibit—punya serat lebih tegas dibanding yang muda. Lalu, jika Anda bertanay kenapa rimpang jahe muda tak baik dijadikan bibit, jawabannya adalah rimpang jahe lebih mudah rentan terserang penyakit. Rimpang muda berkebalikan dengan rimpang tua yang sudah kuat terhadap penyakit. Karena kerentanan rimpang mudah lebih tinggi, maka rimpang muda tak cocok untuk dijadikan bibit.

  • Ciri Ketiga

Bibit jahe merah yang berkualitas baik adalah yang tidak langsung digunakan sebagai bibit. Artinya, rimpang tak langsung dipakai sebagai bibit setelah dipanen. Namun, rimpang jahe merah sudah parkir atau berjeda minimal tiga hari di gudang setelah panen.

  • Ciri Keempat

Rimpang yang terbaik untuk dijadikan bibit adalah rimpang yang telah memiliki 3 mata tunas atau lebih. Bagian terbaik yang bisa dijadikan bibit, yaitu rimpang pada ruas kedua dan ketiga. Untuk jenis jahe merah bobotnya 20 sampai 40 g di setiap potongan rimpang.

Memperoleh Bibit Berkualitas

bibit jahe merah
bibit jahe merah

Ada dua cara untuk memperoleh bibit jahe merah berkualitas. Yang pertama adalah dengan membuatnya sendiri. Dan yang kedua adalah membelinya di tempat budidaya bibit jahe merah yang sudah terpercaya.

Tiap cara punya keunggulan dan kelemahannya sendiri. Apabila Anda membudidayakan bibit jahe merah sendiri, maka Anda akan lebih tahu seberapa berkualitas bibit yang nantinya akan Anda gunakan. Sebab, salah satu cara untuk tahu kualitas bibit jahe merah adalah dengan melihat indukannya. Jika induknya berkualitas baik, bibit jahe merah pun bisa dipastikan memiliki kualitas yang baik pula.

Namun, untuk membikin bibit jahe merah sendiri tidaklah perkara yang mudah. Butuh ketrampilan dan pengalaman budidaya bibit yang mumpuni. Untuk menghindari kerugian, hal itu tak bisa dilakukan secara serampangan. Ada proses panjang pembuatan bibit, mulai dari proses pemilihan rimpang untuk bibit; kemudian pemotongan rimpang; penyeterilan bibit jahe merah; hingga penyiapan lahan untuk penyemaian bibit jahe merah. Pembuatan bibit jahe merah sendiri pun bisa dikatakan cukup memakan waktu.

Jadi, apabila Anda tak punya waktu untuk membuat bibit sendiri, alangkah baiknya Anda membeli bibit di tempat pembudidayaan bibit jahe merah yang sudah terpercaya kualitasnya.

Jika Anda ingin mendapat bibit jahe merah berkualitas tinggi, Vista Agro siap membantu menyediakannya untuk Anda.  Apabila Anda berlokasi di sekitar Jogja, Anda bisa langsung meluncur ke tempat kami di Dusun Rejek Lor, RT 02/ RW 24, Desa Tirtoadi, Kecamatan Mlati, Kabupaten Sleman. Kami juga bisa dihubungi di nomor WhatsApp (WA): 082136461851. Kami siap menyediakan bibit jahe merah yang berkualitas tinggi.

Silahkan kunjungi channel youtube kami untuk penjelasan terkait pemilihan bibit jahe merah di link ini https://www.youtube.com/watch?v=HIs_LZXciUc

https://www.youtube.com/channel/UC2w11vCeZIGM9-Z0edpzttg

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *