Pupuk Kompos Untuk Menanam Jahe Merah

pupuk jahe

Pupuk Kompos Untuk Media Menanam Jahe Merah

Pupuk kompos adalah salah satu pupuk organic yang berasal dari sisa sisa (sampah) tumbuhan, tanaman dan bahan organic yang bisa diuraikan oleh mikroba. Pupuk kompos mudah dijumpai di sekitar kita. Pertanyaanya, efektifkah menanam jahe merah dengan pupuk kompos dan bagaimana aplikasinya?

Pada dasarnya, pupuk kompos cocok dipakai untuk menanam apa saja, termasuk jahe merah. Hanya saja dipakai sesuai ketentuan yang disarankan. Menurut pengalaman saya, pupuk kompos cocok dipakai untuk pembesaran jahe merah. Namun, kurang cocok untuk penyemaian jahe merah. Kecuali sudah difermentasi sebelumnya.

Teknik Pengomposan

Teknologi pengomposan sampah sangat beragam, baik secara aerobic maupun anaerobic, dengan atau tanpa activator pengomposan. Activator pengomposan yang sudah banyak beredar antara lain (PROMI (promoting Microbes), Orgadec, SuperDec, Acticomp, Biopos, EM4, Green Phoskka Organik Decomposer dan Super Farm. Bisa pula mengunakan cacing tanah sebagai media pengurai.

pupuk jahe

Manfaat Kompos untuk Tanaman Jahe Merah

Secara ekonomis, pembuatan kompos bisa menghemat biaya karena bisa memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita. Tidak harus membeli. Namun yang terpenting adalah pada aspek tanah, pupuk kompos bisa meningkatkan kesuburan tanah, memperbaiki struktur dan karakteristik tanah, meningkatkan penyerapan air oleh tanah, meningkatkan kualitas hasil panen (rasa, nilai gizi dan jumlah panen), menyediakan hormone dan vitamin bagi tanaman, menekan pertumbuhan / serangan hama penyakit tanaman dan meningkatkan unsur hara dalam tanaman.

Aplikasi Pada tanaman jahe merah

Setelah jahe merah berumur dua bulan, pemakaian pupuk kompos sangat dianjurkan untuk menunjang kesuburan tanah. Namun sekali lagi, di awal penanaman, terutama saat menyemai jahe merah di tanah jangan menggunakan pupuk kompos terutama dari kotoran sapi. Penulis pernah mencoba menggunakan pupuk kompos dari kotoran sapi sebagai media penyemaian hasilnya kurang maksimal. Dari 90 polybag percobaan , 70 polybag gagal tumbuh alias mati jahe nya. Sisanya 20 masih hidup.

Namun, bila menggunakan kotoran kambing dicampur tanah, hasilnya cukup memuaskan. Minim kematian. Maka, untuk anda yang sedang dan akan menanam jahe merah di awal penanaman sebaiknya gunakan bokasi (campuran tanah, pupuk organic dari kotoran kambing, sekam bakar, gergajen) yang sudah difermentasi dengan EM4. Jangan gunakan kotoran sapi ataupun kotoran ayam, karena testimoni teman teman petani, hasilnya kurang bagus menggunakan media tersebut di awal penanaman. Boleh mengunakan media tersebut ketika umur tanaman jahe merah sudah mencapai dua bulan lebih.

Tertarik menanam jahe merah? Hubungi vista agro menjual bibit jahe merah dalam bentuk rimpang siap tanam maupun polybag an. Untuk pemesanan bisa melalui SMS/WA 087838393451 beralamat di Tirtoadi Mlati Sleman Yogyakarta. Semoga anda berhasil dalam menanam jahe merah.

You Might Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *